Melayani: Service AC, Kulkas, Perbaikan AC, Jual Beli AC, Water Heather, Dan Alat Pendingin Lainya Area : Jakarta, Depok, Bekasi Tangerang. Telp : 085279533167. Wa : 088213580448

JENIS - JENIS FREON

ADSENSE HERE!
BEBERAPA JENIS FREON BERIKUT KEGUNAAN DAN PERBANDINGANNYA R32, R22, R410A DAN R290 

Beberapa Jenis Freon berikut Perbandingannya R32, R22, R410A dan R290. Disini saya akan menjelaskan beberapa jenis Freon berikut kegunaannya, dikarenakan akhir-akhir ini sudah banyak sekali jenis Freon AC terutama untuk AC rumahan, kantoran atau sebagainya. Disini saya akan coba membahas tuntas tentang Jenis-jenis Freon AC seperti R32, R22, R410A dan R290 berikut kegunaannya.

 Sesuai dengan peraturan pemerintahan yang melalui Departemen Perindustrian dan Perdagangan (41/M-IND/PER/5/2014) kemudian (40/M-DAG/PER/7/2014) dan (55/M-DAG/PER/9/2014) bahwasanya di tahun 2015 akan mulai diberlakukan implementasi HPMP (HCFC atau Hidroklorofluorokarbon Phase-Out Management Plan). Di peraturan tersebut juga tertera untuk dihapusnya HCFC-22 atau yang lebih dikenal oleh kebanyakan orang Freon R22 untuk sektor Refrigerasi, Air Conditioner. Jadi larangan untuk impor produk yang mengandung Refrigerant R22 sesuai syarat dan ketentuan BPO (Bahan Perusak Ozone). 

Untuk lebih sederhananya, jadi semua Pabrikan AC yang ada di Indonesia DILARANG meng-import atau memproduksi dan menjual produk AC yang masih menggunakan jenis Refrigerant/ Freon R22 dimulai pada Januari 2015. Akan tetapi untuk untuk dealer atau toko AC masih boleh menjual AC yang menggunakan jenis Refrigerant/Freon R22 sampai stok barang tersebut habis. Namun jenis Freon R22 masih boleh digunakan sampai Tahun 2030 hanya untuk keperluan service atau spare part saja, karena nanti pada tahun 2030 pemerintah akan benar-benar menetapkan penghapusan Freon Jenis R22 di Indonesia.



 Di Tahun 2014 AC yang beredar di pasar Indonesia menggunakan 2 macam jenis Freon yaitu Freon R22 dan Freon R410A. Untuk Jenis Freon R22 bisa digunakan untuk semua jenis AC tapi yang bukan berjenis AC Inverter, Tapi untuk jenis Freon R410A digunakan pada AC type Inverter. Terkecuali AC Merk Daikin yang mempunyai teknologi Inverter yang bisa menggunakan dua jenis Freon R22 atau R410A.





Sedangkan di Tahun 2015 Pabrikan AC sudah menggunakan 3 jenis freon diantaranya : Freon R290, R32, R410A.










 Sebenarnya untuk Freon R32 itu ditemukan oleh Daikin Jepang di tahun 2012, lalu mulai digunakan untuk produk AC mereka pada tahun 2013. Jadi, semua pabrikan AC yang ada di Jepang yang menggunakan jenis Freon R32 dapat lisensi dari Daikin. Sebenarnya juga untuk teknologi inverter diketemukan oleh Daikin dan di lisensi supaya bisa digunakan pada semua merk AC yang ada di Dunia.




Untuk AC merk Panasonic dan Daikin mulai tahun 2015 sudah menggunakan freon jenis R32 dan R410A untuk line-up produk mereka. Untuk AC merk Korea, akan menggunakan jenis Freon Full R410A, tapi untuk AC merk China sangat dimungkinkan mereka akan menggunakan jenis Freon R290 atau Freon R410A (masih dalam proses pengkajian).

 Baik, disini akan segera saya bahas perbedaan masing-masing jenis Freon. 





Akan saya jelaskan pengertian dari masing-masing tulisan yang ada pada tabel:




 ODP : Ozone Depletion Potential (Potensi Perusakan Ozone)
 GWP : Global Warming Potential (Potensi Pemanasan Global) 
Cooling Index : Index Dingin
 Flammability : Tingkat mudah atau tidaknya terbakar Freon 

Dari penjelasan tersebut kita bisa menyimpulkan bahwa :

 1. Untuk Jenis Freon R32 memang lebih ramah lingkungan bila sekalipun dibandingkan dengan jenis Freon R410A karena memang memiliki GWP (Global Warming Potential) yang lebih rendah dibanding dengan Freon R22 atau R410A. 

2. Freon R32 memang memiliki nilai Cooling Index lebih tinggi jika dibandingkan dengan Freon R22 atau R410A. 

3. Freon R32 memiliki potensi mudah terbakar yang lebih tinggi bila dibandingkan dengan Freon yang berjenis lain, akan tetapi tenang saja, karena tidak akan memberikan dampak AC anda akan meledak sekalipun kebakaran rumah terjadi. 

4. Sebenarnya untuk jenis Freon yang paling hijau ialah jenis Freon R290, dikarenakan angka index dingin yang sangat rendah bila dibandingkan dengan jenis freon lainnya, dan juga memiliki nilai tingkat terbakar yang lebih tinggi, maka dari itu pihak Daikin maupun Panasonic mengambil keputusan untuk tidak menggunakan jenis Freon R290.

 Setelah mengetahui informasi mengenai jenis-jenis Freon, bagi Anda yang ingin membeli AC harusnya tidak perlu ragu atau khawatir untuk membeli AC yang berjenis Freon R32 atau R410A, Jika Anda bertanya kepada saya jenis Freon mana yang lebih bagus, maka saya akan mengatakan jenis Freon R32 lah yang paling bagus.

 Untuk AC Panasonic yang di Produksi di Indonesia yang memiliki tipe standar dari 1/2 PK s.d. 1 PK yaitu Alowa dan Alowa ion akan menggunakan jenis Freon R32. Untuk AC Panasonic yang di Produksi di Malaysia menggunakan jenis Freon R410A khusus untuk tipe inverter. Untuk tipe Panasonic standar untuk ukuran 1.5 PK s.d 2.5 PK termasuk tipe envio juga sudah menggunakan jenis Freon R32. Untuk AC merk Daikin tipe Urusara 7, European Design, Inverter Smile, Hi-Inverter, Deluxe dan standar Malaysia menggunakan jenis Freon R32.

 Sedangkan untuk Daikin Thailand tipe standar menggunakan jenis Freon R410A. Baca Juga : Cara Menggunakan AC yang Benar Agar Tahan Lama dan Hemat Listrik Cukup sekian informasi mengenai beberapa jenis Freon berikut perbandingannya, mudah-mudahan dengan adanya informasi ini, Anda tidak khawatir lagi tentang peraturan Pemerintah yang melakukan penghapusan jenis Freon R22. 
ADSENSE HERE!
Copyright © Jasa Service AC Mitra Teknik. All rights reserved. Template by CB